Cara Menyelamatkan Data Anda yang Terhapus


Anda pasti pernah merasakan mengantuk, lelah, panik, terburu - terburu yang membuat anda tidak sengaja menekan tombol mematikan yaitu shift + del. Tombol mematikan ini dapat menghilangkan data anda seketika BOOMMMM.... hilang sudah karya kita yang sudah dikerjakan hingga subuh. Hal ini mungkin terjadi dan bisa membuat kita kena penyakit jantung. Tapiii jangan khawatir data kita sebenarnya tidak hilang hanya saja nilai data kita dibuat menjadi 0, agar bisa dimasukan oleh data yang lain. Jadi itu merupakan berita baik karena data anda masih bisa diselamatkan. Pada postingan ini saya akan memberikan informasi kepada anda sebuah tools yang sangan membantu anda mengembalikan data anda yang tidak sengaja terhapus. Nama toolsnya adalah Recuva. Baik langsung saja saya memberitahu cara instalisasi dan menggunakannya.

---------------------------------------------------------------------------------------------------------

!!! Peringatan !!!

Sebelum anda melakukan recovery " JANGAN PERNAH MEMASUKAN DAN MEYIMPAN DATA " karena hal itu dapat menyebabkan data anda korup. 

Ketika anda ingin menyimpan hasil recovery " SIMPAN SEMENTARA PADA FLASHDISK ATAU HARDIKS" untuk mencegah hilang dan korupnya data.

----------------------------------------------------------------------------------------------------------

Download dan Install

Pertama anda harus mendownload dan meinstall program ini. Saya berikan link dimana anda bisa mendownload recuva tersebut.


Pilih yang free dan pilih tempat downloadnya prifrom. Tunggu hingga download selesai.



Setelah selesai download kemudian install Recuva dan tunggu sampai selesai.


Cara menggunakan

Setelah anda selesai melakukan instalisasi saatnya membuka recuva, klik run start program atau cari program recuva, maka akan muncul menu Recuva Wizzard. Klik next maka akan muncul beberapa pilihan. Anda bisa memilih tipe file apa yang ingin dikembalikan pilih sesuasi kebutuhan untuk mempercepat pemulihan.


Setelah memilih tipe file, kemudian pilih lokasi file. Anda akan disuguhkan sebuah pilihan jika anda tau dimana lokasi data anda hilang pilih in specific location klik tombol browser terus pilih folder mana yang datanya yang ingin anda kembalikan.


Kemudian klik next keluar menu Thank You dan klik start. Tunggu sampai proses selesai.


Kemudian akan menu muncul pilihan recovery pilih file yang ingin direcovery dan kemudian tekan tombol recovery. Disarankan pemilihan tempat menaruh data yang mau di revoery pada FLASHDISK atau HARDISK untuk mencegah data yang hilang atau korup. Tunggu sampai selesai. Makin banyak data makin lama untuk melakukan recovery. Tunggu saja sambil ngopi, sambil tidur, sambil mandi, sambil main Mobile Legend  tunggu yang sabar yaa..


Setelah menunggu waktu yang lama data akan pulih dan menyelamatkan hari anda.


Berikut merupakan cara menyalamatkan data anda yang hilang. Mungkin data anda tidak semuanya bisa pulih karena mungkin ada sempat memasukan file kedalam hardisk anda. Ingat data anda hanya dibuat nilainya menjadi 0 dan jika ada data baru, data baru tersebut akan mengisi ruang kosong data anda yang hilang. Jadi jika data anda korup kemungkinan penyebabnya adalah anda recoverynya sambil copy atau buat tugas.

Terima kasih sudah membaca.. See you Next Time :D

Comments