OBJEK pada Pemprograman Beorientasi Objek (Object Oriented Programming)


Halo guyss.. lama tak berjumpa. Pheww.. sudah lama saya tidak menulis pada blog ini. Saya ingat terakhir saya menulis blog pada tahun 2013 dan sekarang sudah 2017. Woww... sudah 4 tahun saya tidak mengutak - ngatik blog ini. Jadi untuk memulai bahan pembicaraan baru mari kita mulai dari permasalahan pemprograman. Kenapa saya  memilih ini ?. Jawaban saya cukup simpel karena saya belajar pada jurusan ilmu komputer, jadi saya memiliki sedikit ilmu tentang pemprograman dan saya akan share disini kepada anda. Karena pengetahuan adalah gratis ( Motto saya tahun ini ).

Objek

Sebelum kita mengenal objek pada pemprograman kita bisa melihat objek sekitar terlebih dahalu. Contohnya seperti mobil, sepeda, anjing, kucing dan lain sebagainya. Kita lihat dari contoh tersebut setiap objek pasti memiliki 2 karateristik, yaitu : atribut dan perilaku. Seperti contoh coba kita ambil anjing. Anjing memiliki atribut seperti warna, ras, tinggi, berat, lapar, dll dan memiliki perilaku yaitu menggonggong, makan, tidur, bermain, dll. Contoh kedua kita ambil misalkan sepeda. Sepeda juga memiliki atribut yaitu warna, berat, gigi sekarang, kecepatan sekarang dll dan memiliki perilaku yaitu mengerem, berpindah gigi, mengayuh, dll. Objek pada pemprograman mirip dengan objek pada dunia nyata yaitu memiliki atribut dan perilaku



Objek dalam pemprograman juga memiliki ciri - ciri yang sama seperti objek pada dunia nyata. Pertama pemprograman memiliki atribut yang direpresentasikan dalam bentuk fields ( atau variabel dalam bahasa pemrograman ) dan memiliki perilaku yang dalam pemprograman disebut dengan method. Method yang akan mengatur apa saja yang objek bisa lakukan dan juga digunakan untuk berkomunikasi antara sesama objek (getter dan setter).

Jadi pengertian objek adalah membungkus data dan fungsi bersama menjadi suatu unit dalam sebuah program komputer; objek merupakan dasar dari modularitas dan struktur dalam sebuah program komputer berorientasi objek. ( Sumber : Wikipedia )

Yap diatas merupakan penjelasan objek pada pemprograman berorientasi objek yang dapat disimpulkan bahwa objek pada pemprograman memiliki kemiripan yaitu memiliki atribut dan perilaku. Pada postingan berikutnya kita akan membahasa tentang class atau kelas dalam Bahasa Indonesia. Kelas merupakan sebuah blueprint atau rancangan yang digunakan untuk membuat sebuah objek. 

Penutup

Pertama saya meminta maaf jika informasi yang saya berikan diatas terdapat sebuah kesalahan atau salah pengertian mengenai pengertian objek. Maka dari itu para pembaca yang terhormat bisa mengkoreksi artikel diatas dengan menuliskan kedalam kolom komentar sehingga saya bisa memperbaiki artikel ini kedalam bentuk yang lebih baik. TERIMA KASIH sudah membaca see you next timee... ^_^

Comments